Selasa, 23 Juli 2013

Cara Mengembalikan Data Didalam Flashdisk yang Terkena Virus

Asalamualikum!

Postingan kali ini judulnya Cara Mengembalikan Data Didalam Flashdisk yang Terkena Virus, saya terinpirasi dari pengalaman sendiri, yang kebingungan ketika kehilangan data didalam flashdisk karena terkena virus. wedann maaannn, galaunya bukan maen heeee,, setelah saya ubek2,,, akhirnya dapat juga ni caranya yang menurut saya lumayan ampuh. monggo do simak ya! ^_^............

Ketika Flashdisk kita sering digunakan secara bergilir, colok sana colok sini hehe…kemungkinan untuk terinfeksi virus sangatlah besar. Penggunaan anti virus memang sangat dianjurkan tapi tidak semua anti virus mampu mengembalikan data yang telah terinfeksi virus secara utuh kembali seperti semula. Bahkan ada antivirus yang melibas tuntas, menghilangkan data yang terinfeksi virus, sehingga membuat kita sedikit panik atau bahkan panik beuudddttt, apalagi kalau data itu sangatlah penting hehehe….
Jika hal tersebut rterjadi pada diri anda tenanglah, coba atur nafas anda dan jangan langsung panik ataupun emosi. Keep calm! Karena setiap masalah pasti ada solusinya.

Gak usah panjang lebar, kita langsung aja yaa… bagaimana Cara Mengembalikan Data Didalam Flashdisk yang Terkena Virus langkahnya sebagai berikut : 

Tahap 1 (Scanning) 
1. Masukan flashdisk ke Laptop/PC anda 
2. Lakukan Scan pada flashdisk menggunakan antivirus yang anda gunakan, dan tunggu sampai proses  selesai. Biasanya jika anda menggunakan antivirus Avira atau sejenisnya, data yang terkena virus akan secara otomatis dilenyapkan hingga data yang terinfeksi virus akan terhapus. Tapi anda tak perlu khawatir, keep calm :D , kita mulai melakukan proses untuk mengembalikan file/folder yang terhapus karena scanning oleh antivirus.

Tahap 2 (Mengembalikan File/folder) 
1. Klik kanan pada Star Menu, kemudian pilih Explore



2. Lalu klik menu Tools> Folder Option.



3. Kemudian pilih menu tab View, klik radio button Show hidden files and folders lalu hilangkan Checklist pada pilihan Hide extensions for known file types. Untuk yang lainnya biarkanlah default > Klik Ok.



4. Kita kembali pada File/ folder didalam flashdisk, dan taraaaaaaa file/folder yang terhapus karena proses scaning telah kembali namun nampak samar-samar. Berarti proses ini belum selsesai. Kita lanjut lagi untuk mengembalikannya utuh seperti semula.











Tahap 3 (Pemulihan file/folder) 
1. Kemudian kembali klik Start > Run lalu ketikkan cmd > Enter 












2. Misalnya data didalam flashdisk yang terkena virus berasal dari drive I (sesuaikan dengan drive pada  Laptop/PC anda). Ketikkan I: pada Commant Promt lalu Enter.


3. Kemudian Ketikkan Perintah ATTRIB *.* -S –H –R /S /D lalu tekan Enter, maka perintah diatas akan membuat data seperti file folder didalam flashdisk akan kembali.


Demikianlah Cara Mengembalikan Data Didalam Flashdisc yang Terkena Virus yang terangkum dalam 3 tahap, semoga tutorial ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah yang membuat anda panic,sedih dan memancing emosi.. tetap optimis dan clalu cumungudtttt eaa cumunungudtt heeee….. selamat mencoba ya,,,,

Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa Komentarnya yaaaaa ^_^……….